KEBUMEN, Times7.id, – Khamid Arisandi (59 th), Jemaah Haji Kabupaten Kebumen Kloter 9 SOC menyampaikan apresiasinya atas pelayanan penyelenggaraan haji tahun 1445 H / 2024 M. Menurutnya, pelayanan yang diberikan mulai dari tanah air hingga ke tanah suci dan kembali lagi ke tanah air sangat luar biasa dan membantu sekali dirinya sewaktu menjalankan ibadah haji. Termasuk juga ia mengaku merasa puas atas pelayanan transportasi dan juga konsumsi yang disediakan.
“Saya rasa pelayanan haji tahun ini sudah sangat baik dan luar biasa, kami dikasih makan sehari tiga kali, dan makanannyapun enak seperti makanan di rumah. Begitu juga dengan hotel dan bus Sholawat yang disediakan saya rasa sangat nyaman membantu. Apalagi hotel yang di Madinah, hotelnya sangat dekat sekali dengan masjid Nabawi sehingga saya bisa menjlankan sholat Arbain dengan lengkap dan nyaman,” ungkap Khamid saat mengikuti Rapat Evaluasi Pemberangkatan dan Pemulangan Haji tahun 1445 H di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Senin (15/07/2024).
Diceritakan Khamid, dirinya sempat tersesat di Masjidil Haram bersama dengan Bapaknya Ngasirun (79 th) yang juga merupakan Jemaah Haji kloter 9 ketika keluar Masjidil Haram. Pada awal kedatangannya di Makaah, ia mengaku sempat kebingungan sampai kelelahan mencari terminal Syib Amir guna mencari Bus Sholawat menuju ke hotel Nasamat Al Baiti tempatnya menginap selama di Makkah. Namun setelah lama muter – muter dirinya akhirnya bertanya dan meminta bantuan pada petugas Haji Indonesia yang ada di sekitar Masjidil Haram dan mengantarkannya bersama Bapaknya menggunakan kursi roda sampai ke depan pintu bus Sholawat nomor 7.
“Menurut saya petugas haji benar – benar sangat membantu kami, kami ditolong dan diantarkan sampai ke depan pintu bus menggunakan kursi roda karena mungkin mereka melihat kami sudah sangat kelelahan, terutama bapak saya,” ujarnya.
Disampaikan lebih lanjut oleh Khamid, seragam petugas Haji Indonesia yang ada bendera merah putihnya sangat penting sebagai tanda agar mudah dikenali oleh para Jemaah. Ia mengaku sangat terbantu dan merasa aman ketika di Arab Saudi menjumpai Petugas yang menggunakan seragam. “Walaupun tidak tau namanya tapi kalau ketemu Petugas yang berseragam rasanya nyaman,” imbuhnya.
Bukan hanya Khamid Arisandi, Nurul Aini Jemaah Haji Kebumen Kloter 8 SOC juga mengungkapkan rasa puasnya atas pelayanan haji tahun ini. Terlebih lagi dengan adanya layanan fast track Haji saat di bandara, menurutnya sangat membantu dan mempercepat proses pemeriksaan. Perjalanan menjadi lebih lancar dan Jemaah tidak kelelahan karena tidak perlu lagi diperiksa saat turun dari pesawat.
Sementara itu, sebelumnya, saat membuka kegiatan Rapat Evaluasi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Sukarno meminta Jemaah Haji memberikan penilaian secara jujur pelaksanaan Pemberangkatan dan Pemulangan Haji tahun 1445 H. Disampaikan Sukarno, masukan dan penilaian secara jujur sangat diharapkan guna meningkatkan pelayanan haji di masa mendatang.
“Silahkan sampaikan apa saja yang menjadi harapan dan penilaian Bapak/Ibu atas pelayanan kami. Semuanya akan kami tampung sebagai bahan perbaikan pelayanan kami kedepan,” katanya.(*).